<h1 class='article-title'> <!--Can't find substitution for tag [post.title]--> </h1>


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar kaki kram
Mungkin anda sering terkena serangan kaki keram. Keram adalah suatu kondisi masalah otot yang tidak baik. Kram biasa terjadi saat melakukan aktifitas sehari-hari. Tentunya siapa saja dapat mengalami gangguan ini secara tiba-tiba tidak memandang usia sesoorang.

Cara Mengatasi Kaki Sering Keram dan Kesemutan. Pada postingan ini, admin akan membagian 6 cara mengatasi kaki keram atau cara mengatasi kaki kesemutan. Keram dan kesemutan memiliki gejala yang hampir sama yaitu sama-sama mempersulit bergerak.

Kelainan otot ini bisa menjadi sangat berbahaya atau mematikan. Otot yang kram membuat bagian tubuh tertentu kaku tidak bisa bergerak. Coba anda bayangkan jika terkena kram saat berenang, tentunya dapat menyebabkan kematian. Tidak hanya itu para atlet melakukan pemanasan sebagai cara untuk menghindari kram saat berolahraga.


Penyebab keram banyak versi. Terkadang kram terjadi tiba-tiba saat bermain futsal, lari, dan berenang. Kebanyakan masyarakat juga mengalami kram saat baru bangun tidur. Bagaimana tidak mengganggu, akibat kram badan jadi tidak bisa bergerak serasa kaku disertai denyutan.

Mengatasi sering kram kaki secara cepat

Untuk dapat menyembuhkan kram tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya diperlukan proses penyembuhan sekitar 1-5 menit. Kram terkadang cepat sembuh, namun sering juga terjadi kram kembali secara tiba-tiba.

Kompres dengan air hangat


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar kompres air hangat
Air hangat dapat mengurangi rasa nyeri pada kram sebab efek air hangat adalah membuka pembuluh darah sehingga aliran darah kembali normal seperti sediakala. Selain itu, air hangat juga dapat merileks kan tubuh agar otot tidak tegang akibat tegang. Pastikan agar air yang digunakan hangat dan membuat nyaman, jika terlalu panas yang ada malah menimbulkan dampak lain seperti iritasi kulit.

Biasanya pemain bola yang keram diobati menggunakan batu es. Jadi batu es juga berfungsi menghilangkan rasa nyeri saat kram kaki atau kesemutan. Hal yang dirasakan saat kesemutan adalah kaki serasa tidak menginjak tanah.

Pijat lembut saat kaki kram


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar pijat kaki
Pijatan lembut pada kaki yang kram sangat diperlukan untuk meredakan keram. Fungsi dari pijatan pada kaki yang kram yaitu melemahkan otot-otot kaki yang tegang. Setelah melakukan pijatan kecil kaki akan terasa ringan dan kram perlahan menghilang dengan cepat.

Memijat kaki saat keram adalah cara alami mengatasi kram kaki dan kesemutan. Admin sendiri biasa melakukan pijatan kecil menggunakan minyak kayu putih, dan alhasil langsung sembuh.

Minum air putih


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar minum air putih
Meminum air putih sendiri berfungsi sebagai tambahan asupan oksigen secara alami. Manfaat lain dari minum air putih yaitu merefreskan pikiran. Contohnya saja orang kecelakaan pasti akan diberikan air putih, begitu juga pemain bola yang cedra kram pasti akan diberikan minuman dulu untuk menghindari shokk.

Lakukan pemanasan


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar pemanasan
Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kram, jika anda akan melakukan pekerjaan berat atau melakukan olahraga biasakan untuk pemanasan terlebih dahulu, apalagi jika jarang olahraga tiba-tiba melakukan olahraga, hal ini agar otot yang semula kaku bisa dirileks kan agar tidak terjadi kram. Lakukanlah pemanasan ringan sekitar 3-5 menit sambil menghirup oksigen.

Para atlet sangat mengutamakan pemanasan untuk menghindari terjadinya kram. Bagaimana tidak, jika mereka terkena serangan ini maka dapat dipastikan akan mengalami kekalahan saat berlaga di pertandingan.

Menekuk kaki


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar menekuk kaki
Tak banyak orang yang tau tentang fakta ini. Jika anda mengalami kram pada paha, tekuklah paha anda, biasanya terjadi jika posisi duduk anda salah. Tapi tips ini dilakukan hanya ketika kram terjadi pada paha saja, paha dibagi menjadi 2 paha depan dan paha belakang. 

Hal ini dilakukan untuk meluruskan otot-otot kaki. Caranya jika kram terjadi pada paha belakang maka tekuklah kaki hingga betis belakang menempel dengan paha belakang. Diamkan sampai rasa kram mulai mereda, begitupun sebaliknya jika terjadi pada paha depan.

Hindari makan banyak sebelum olahraga


mengatasi sering kram kaki secara cepat
gambar makan 
Sebelum berolahraga sangat dilarang makan banyak. Mengapa demikian?. karena makan banyak dapat mengganggu sistem perut saat berolahraga. Beban badan pun dapat bertambah pesat sehingga tumpuhan kaki memberat lalu terjadi kram mendadak.

Demikianlah, cara mengatasi kaki keram dan kesemutan. Mudahan bermanfaat untuk anda yang sering mengalaminya. Ohh iya menggunakan sepatu kekecilan juga dapat menyebabkan kram loh, maka hindarilah saat berolahraga. Terima kasih.



Cara Mengatasi Kaki Sering Keram dan Kesemutan